GOA JATIJAJAR KEBUMEN

Ayo Telusuri Goa Jatijajar Kebumen! Goa yang mungkin sudah tidak terlalu asing bagi para penelusur sejati.. apa malah ada yang baru tau mengenai goa ini? goa apaan ini? terus dimana lokasinya?

Berada di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten kebumen yang terletak sekitar 42km di arah barat daya pusat kota kebumen ini mencakup luas kawasan seluas 5.5 hektare. Goa Jatijajar ini merupakan sebuah goa yang terbentuk dari batu kapur. Goa Jatijajar ini memiliki panjang dari pintu masuk utama ke pintu keluar adalah sepanjang 250 meter dengan lebar goa rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata di dalam goa ini adalah 12 meter. Sedangkan untuk ketebalan pada langit-langitnya rata-rata memiliki ketenalan 10 meter, dan ketinggian dari permukaan laut adalah 50 meter.

Awal mulanya Goa Jatijajar ini ditemukan oleh seorang petani bernama “Jayamenawi” yang suatu ketika saat mengambil rumput dan kemudian jatuh di dalam lobang yang ternyata usut punya usut lobang itu adalah ventilasi yang ada pada langit-langit goa. Pada awalnya seluruh goa ini tertutup tanah, dan setelah dilakukan pembersihan dan pembuangan tanah maka barulah ketemu pintu goa yang sekarang menjadi pintu masuk kedalam goa ini. Dan baru pada tahun 1975, Goa Jatijajar ini dibangun dan di kembangkan sebagai sebuah objek wisata. Obyek wisata ini di  gagas oleh Bapak Suparjo Rustam yang pada saat itu menjadi Gubernur Jawa Tengah. Dan sebagai pelaksana proyek itu adalah CV. AIS dari yogyakarta yang di pimpin bapak Saptoto. Bapak Saptoto ini adalah seorang seniman deodrama yang cukup terkenal pada mas itu. Dan untuk sekarang pengelolaan objek wisata ini di kelola oleh Pemerintah kabupaten Kebumen.

Asal mula kenapa goa ini dinamakan Goa Jatijajar ada 2 versi yang berkembang di masyarakat. Yang pertama adalah saat Bupati Ambal yang pada masa itu adalah salah satu penguasa di Kbumen waktu itu meninjau lokasi tersebut menemukan 2 pohon jati yang tumbuh berdampingan dan sejajar pada tepi mulut goa. Berasal dari kata berdampingan yang kemudian di bahasa jawakan menjadi jajar atau kata sejajar yang membuat goa itu dinamakan Goa Jatijajar.

Dan versi yang kedua adalah pada saat jaman dahulu kala saat kamandaka di kejar-kejar dan masuk ke dalam goa. dan di dalam goa ia menyebutkan jati dirinya. ia mengaku sebagai seorang putra mahkota Pajajaran. Dari kisah tersebut kemudian muncul kata Sejatine (dalam bahasa indonesia berarti sebenarnya) dan Pejajaran.

Di saat kita akan memasuki goa ini akan ada patung dinosaurus yang merupakan simbol dari goa ini. Jika para penelusur ingin masuk kedalam goa, otomatis akan melewati mulut patung dinosaurus ini. Patung ini juga terlihat mengeluarkan air sebagai muara dari mata air yang ada didalam goa. yaitu dari sendang kantil dan sendang mawar. Air dari sendang ini juga diyakini tidak akan habis walaupun musim kemarau datang.

Saat didalam, para penelusur bisa melihat banyaknya ornamen stalagtit, stalagmit, dan tiang-tiang kapus. Di sisi juga kalian bisa melihat 8buah deodrama  dan 32 patung yang di pasang di dalam goa. Ke 32 patung tersebut menceritakan kisah tentang raden Kamandaka yang di kemudian hari lebih di kenal sebagai Lutung kasarung.

Di dalam goa para penelusur dapat menemukan 4 sendang yang masih akti. keempat sendang itu bernama Sendang mwar, sendang kantil, sendang jombor, dan sendang pulser bumi. Konon katanya jika para penelusur bisa mendekati sendang mawar ini maka akan menjadi awet muda. Dan ada juga kepercayaan jika para penelusur membasuh muka atau mandi di sendang kantil, maka niat ataupun cita-citanya bakalan terkabul. hmmmm… menarik juga yaaah?

 

Ini nih foto-foto Goa Jatijajar di Kebumen:

Goa-Jatijajar-di-Kebumen7Goa-Jatijajar-di-KebumenGoa-Jatijajar-di-Kebumen2Goa-Jatijajar-di-Kebumen3Goa-Jatijajar-di-Kebumen5Goa-Jatijajar-di-Kebumen6

Jadi Bagaimana? tertarik untuk Telusuri Goa Jatijajar Kebumen?

ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s